Mau Renovasi Rumah? Ini Dia yang Harus Anda Persiapkan

Kebutuhan yang berubah akan sebuah tempat tinggal seringkali menuntut Anda untuk melakukan renovasi di sana-sini pada bangunan rumah Anda. Renovasi ini bisa dilakukan karena terjadi kerusakan pada bagian bangunan tertentu atau memang murni karena keinginan memperbaiki dan mempercantik bangunan yang sudah ada.

Kegiatan renovasi ini bisa memakan biaya sedikit maupun banyak tergantung pada luasan bangunan dan tindakan apa yang akan Anda lakukan pada bangunan rumah Anda. Tapi sekecil apapun bagian yang akan direnovasi Anda tetap harus mempersiapkan dana lebih untuk membeli berbagai material dan membayat tenaga yang dibutuhkan.

Pertimbangan Sebelum Renovasi Rumah

Tindakan renovasi sendiri bisa bervariasi bentuknya mulai dari merombak total sebuah bangunan, merombak sebagian hingga memperbaiki bagian tertentu saja yang membutuhkan. Demi kelancaran prosesnya ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan serta persiapkan sebelum memulai proses renovasi, diantaranya:

  1. Buatlah perencanaan yang matang dari sebelumnya

Pekerjaan renovasi rumah sebaiknya direncanakan terlebih dahulu supaya segala tindakan yang akan dilakukan dapat terukur. Rencanakan segala hal yang akan diperlukan supaya proses pengerjaan lebih efisien. Jika Anda ingin menggubah bentuk bangunan dan membuat bentuk atau tatanan baru ada penyedia jasa gambar rumah yang siap membantu Anda.

Dalam membuat perencanaan pertama-tama tentukan lebih dulu bagian mana saja dari rumah Anda yang akan dilakukan renovasi. Kemudian tentukan tindakan renovasi apa yang akan dilakukan serta hasil akhir yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan jasa arsitek maka konsultasikan apa-apa yang Anda inginkan supaya dapat dibuatkan gambarannya sehingga tampak lebih jelas.

unsplash.com
  1. Mempersiapkan material yang dibutuhkan

Setelah mengetahui tujuan serta proses yang akan dilakukan maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar material apa saja yang akan dibutuhkan serta Anda juga bisa membuat rencana anggarannya. Penting untuk membuat rencana anggaran ini supaya Anda bisa mengetahui berapa kira-kira kisaran biaya yang perlu dipersiapkan untuk menyelesaikan proses renovasi tersebut.

  1. Memilih supplier material yang berkualitas dengan harga terjangkau

Apabil proyek renovasi yang akan dilakukan tergolong besar maka tentu saja biaya yang harus digelontorkan tidaklah sedikit. Maka dari itu lakukan langkah-langkah penghematan salah satunya dengan memilih tempat belanja kebutuhan material yang terjangkau.

Jika ada material-material yang dibutuhkan dalam jumlah banyak Anda bisa mencoba bernegosiasi dengan penjual agar mendapat harga diskon yang lebih hemat. Tapi tetap ingat bahwa harga membawa kualitas. Jangan hanya memilih material dengan harga murah tanpa mempertimbangkan kualitasnya. Kualitas material ini akan menentukan hasil akhir dari bangunan rumah Anda.

unsplash.com
  1. Cari tenaga kerja yang profesional dan mudah dipercaya

Setelah proyek pembangunan akan dimulai saatnya mencari tenaga-tenaga tukang yang dapat mengerjakan proyek Anda. Pilihlah tukang-tukang yang berpengalaman dengan cara kerja yang profesional. Pilihlah tukang yang cekatan dan teliti dalam mengerjakan tiap-tiap bagian supaya hasil pekerjaan lebih sempurna.

Satu hal lain yang tak kalah penting adalah memilih tenaga tukang yang dapat dipercaya. Oleh karena itu akan jauh lebih baik untuk menggunakan jasa dari orang yang sudah dikenal sebelumnya ataupun rekomendasi dari arsitek atau tukang lain yang sudah pernah bekerja dengan Anda.

Ketika mencari tukang Anda juga perlu menentukan sistem pekerjaan yang Anda terapkan, apakah dihitung harian ataukah borongan. Keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

  1. Memperhitungkan kondisi lingkungan sekitar

Melakukan renovasi maupun tindakan pembangunan yang lain berarti Anda juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar tempat Anda. Kondisi lingkungan ini bisa meliputi karakteristik lahan maupun struktur daerah di sekitar rumah Anda. Informasi tersebut penting diketahui sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam melakukan tindakan renovasi dan pembangunan.

unsplash.com
  1. Pilih model rumah yang tidak mudah ketinggalan zaman

Saat Anda ingin merenovasi rumah dan membuatnya lebih bagus sebaiknya jangan terburu-buru mengikuti tren rumah yang sedang hits saat itu. Anda bisa pilih desain-desain rumah klasik yang akan selalu terlihat bagus di segala zaman. Mintalah pada jasa gambar rumah Anda untuk membuatkan desain rumah klasik terbaik yang akan lebih tahan lama dan tidak mudah lekang oleh datangnya tren-tren hunian terbaru.

Selain masalah model Anda juga perlu berpikir jauh ke depan dan menyesuaikan rumah Anda dengan kebutuhan yang sekiranya akan datang di masa depan. Misalnya persiapkan kamar yang cukup sekiranya Anda akan menambah anggota keluarga baru maupun mempermudah akses rumah agar selalu dapat dijangkau dengan mudah kapanpun.

  1. Mempersiapkan dana yang cukup dengan jumlah melebihi rencana anggaran

Hal yang paling penting dipersiapkan sebelum renovasi adalah mempersiapkan sumber dana yang akan digunakan. Persiapkan dana yang mencukupi sesuai dengan rencana anggaran yang sudah Anda buat sebelumnya. Akan tetapi jangan menyiapkan budget yang mepet atau persis sesuai angka yang terteta, siapkan pule dana cadangan yang mungkin Anda perlukan sewaktu-waktu.

Dana cadangan ini bisa digunakan ketika ada kekurangan material tiba-tiba yang di luar perhitungan atau adanya kebutuhan tambahan yang harus terpenuhi. Anda harus sering-sering menengok dan melihat progress pekerjaan renovasi supaya bisa memahami betul dan mengawasinya.

Itu tadi 7 hal penting yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan renovasi rumah tinggal. Renovasi yang direncanakan dan dilaksanakan dengan tepat akan memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan.