Trik Penipuan Melalui Pesan Singkat dan Telepon

Mungkin Anda pernah mendapatkan SMS yang aneh setiap hari. Sebut saja undian berhadiah, ada yang mengaku keluarga dan meminta pulsa, hingga Anda dinyatakan memenangkan kuis, yang sebenarnya tidak pernah mengikuti kuis tersebut. Bagi yang sudah tahu tentu saja menganggap bahwa pesan singkat tersebut hanyalah pesan palsu, yang tentu saja akan menganggu Anda.

Bahkan, meski sudah banyak orang yang sudah mengetahui jika pesan tersebut penipuan, kenyatannya banyak orang yang tertipu dengan pesan tersebut. Hingga sekarang, para pelaku pun cukup sulit untuk dilacak dan aksinya pun tetap beredar tanpa seorangpun bisa mengatasinya.

Langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan dari kasus penipuan yang beredar, adalah dengan melakukan pemblokiran nomor ponsel yang digunakan untuk menipu memalui pesan singkat. Langkan pemblokiran tersebut, sebagai berikut.

  • Operator Telkomsel

Anda bisa mengisikan format SMS Center Telkomsel dengan Penipuan#Nomor Pelaku Penipuan#SMS Tipuan, dan silakan kirimkan ke nomor 1166.

  • Operator Indosat

Format pesan yang harus Anda isikan untuk melaporkan pesan palsu, adalah SMS (spasi) Nomor Penipuan (spasi) Isi SMS Penipuan, dan silakan kirim ke nomor 726.

pxhere.com

Operator XL

Format pesan yang bisa Anda isikan untuk melaporkan pesan palsu, adalah Lapor#Nomor Pelaku Penipuan#Kasus yang Anda keluhkan, dan kirim ke nomor 5883.

Apabila Anda mengalami penipuan dalam transaksi daring, maka Anda hanya perlu mengirimkan kronologis dan nomor rekening pelaku penipuan daring tersebut ke surat elektronik [email protected] Maka pihak kepolisian akan bertindak secara langsung dengan melakukan pemblokiran terhadap nomor rekening maupun ATM pelaku penipuan dan akan melacak keberadaan pelaku yang selanjutnya akan ditindak berdasarkan ketentuan hukum.

Sebagai catatan, kalau sudah lebih dari dua orang yang memberikan laporan nomor SMS pelaku penipuan, maka nomor tersebut akan diblokir segera dan bersifat permanen oleh pihak operator. Dan, ingat, layanan yang disediakan ini tidak dipungkut biaya alias gratis.

Jenis Penipuan SMS dan Telepon dan Cara Mengantisipasinya

Membahas tentang kasus penipuan melalui pesan singkat memang tidak ada habisnya meski kami sudah menjelaskan cara pelaporan. Nah, untuk melakukan pencegahan agar Anda tidak mudah tertipu karena pesan singkat yang mendadak masuk ke nomor ponsel adalah memperhatikan pesan dan konten yang dituliskan. Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu bahwa pesan singkat tersebut adalah tipu-tipu adalah dengan melakukan pengecekan terhadap nomor yang digunakan. Meski mencantumkan nama salah satu operator, para pelaku penipuan sebenarnya menggunakan nomor ponsel dengan membeli pulsa ke penyedia agen pulsa murah yang digunakan oleh konsumen pada umumnya.

pxhere.com

Hal itu adalah modus penipuan pesan singkat yang acap ditemukan, seperti tentang penerimaan hadiah dari bank karena sudah menambung. Selain itu, Anda dinyatakan mendapatkan kejutan hadiah karena melakukan transaksi jual-beli barang elektronik, hingga permintaan pulsa dari orang yang dikenal.

Beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan ketika menerima pesan singkat maupun telepon dari nomor yang tidak dikenal dan menawarkan hadiah, sebagai berikut.

pxhere.com
  • Pelaku akan menelepon dan meminta Anda untuk melakukan transfer sejumlah uang dengan alasan sebagai pajak dari hadiah.
  • Jika Anda ditelepon dan diminta untuk menjawab pertanyaan yang cenderung privasi, misalnya nama, alamat, nomor rekening, dan identitas lain, maka jangan Anda lakukan. Pasalnya cara tersebut dilakukan oleh pelaku untuk mencari tahu identitas korban dan akan menyalahgunakan untuk keperluan penipuan lainnya.
  • Ketika Anda ditelepon dan pihak pelaku meminta Anda untuk segera melakukan transfer dana serta tidak diperbolehkan untuk menutup telepon, besar kemungkinan adalah penipuan.
  • Jika mendapatkan pesan singkat dengan isi berupa menyatakan hadiah undian maka Anda cek dari nomor yang digunakan dan laman situs yang sering dicantumkan. Kalau pesan singkat tersebut menyatakan dari salah satu bank dan menggunakan nomor ponsel biasa, berarti pesan tersebut palsu. Begitu juga dengan situs yang dicantumkan adalah situs gratisan, seperti blogspot, jangan langsung percaya karena pihak bank dan instansi terpercaya sering menggunakan situs berbayar, seperti .id.org, .co.id, dan lain sebagainya.
  • Apabila Anda mendapatkan pesan dengan hadiah dari salah satu brand terkemuka, maka ada baiknya Anda mengecek kebenaran dari situs resmi brand yang dicantumkan oleh pelaku penipuan.
  • Andaikan Anda memasang iklan rumah atau indekos, besar kemungkinan Anda akan menerima pesan seperti pelaku penipuan adalah orang yang ingin melihat ruma ataupun indekos yang Anda sewa atau jual. Pelaku penipuan akan mengarahkan Anda untuk menelpon balik ke nomor yang sudah dicantumkan dan mengaku sebagai kerabat dekat. Langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan adalah jangan menelepon balik ke nomor yang dicantumkan karena besar kemungkinan Anda akan diarahkan untuk mengirim sejumlah uang ke rekening tertentu.
  • Apabila Anda pernah mendapatkan pesan singkat yang berisikan salah kirim uang, maka Anda jangan langsung percaya. Antisipasi yang bisa Anda lakukan adalah mengecek nominal yang ada di ATM Anda, bisa datang langsung ke gerai ATM terdekat maupun menggunakan M-Banking yang lebih mudah.

Melalui penjelasan kali ini kami harap Anda terhindar dari berbagai macam kasus penipuan, baik pesan singkat maupun telepon. Sekian dan terima kasih banyak.